tips to macroniac

foto macro yang menarik?

– poi (point of interest) nya jelas ; sehingga pada saat pertama kali liat, orang langsung tau objeck nya, apa yang mau ditonjolkan tanpa berpikir banyak.

– memiliki kedalaman ruang ; kayak liat gambar 3d gitu, tidak terkesan datar, seperti ada yang menonjol mau keluar. tanpa memakai kacamata 3d tentunya 🙂 .

trus, bagaimana caranya?

– bikin background nya blurr, so pasti objeck nya akan kliatan lebih tajam. set bukaan diafragma (f) sebesar mungkin (angka semakin kecil).

– atur angle pengambilan gambar sedemikian hingga background nya mengarah k ruang kosong, d jamin akan semakin menonjol objek utamanya.

– lakukan pemotretan pada lingkungan dengan penerangan yang cukup kuat, terutama cahaya alami, sehingga kamera bisa d set pada speed yang tinggi, so blurr pada objeck tidak terjadi.

– minimalisasi penggunaan blitz karena cahaya flash akan membuat warna kurang natural, cenderung pucat dan kadang ada bagian yang over exposure.

– perhatikan arah datangnya cahaya, jangan sampai arah datangnya cahaya sebagai background, pasti akan over exposure

– bilamana objectnya adalah binatang, pelajari habit nya, kapan biasanya dia muncul, dimana aja dia suka nongkrong,  bagaimana gerakannya dll.

– ambil gambar sedekat mungkin dengan objeck nya, sesuaikan dengan kemampuan lensanya (0 – 30 cm), sehingga objeck nya akan lebih fokus

– terus mencoba dan jangan pernah  puas akan hasilnya. keep spirit n fighting euy,…! salam macroniac!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s