voucher donasi

siang itu seorang temen bertanya, “have u paid zakat? ntar sore temen dari dd mo datang neh, wanna join?” entah karena lupa atau begitu pedulinya akan pentingnya zakat, temen tsb bertanya sampai 2x, sewaktu miting bulanan serta after lunch. aku angguk aja.

“man, orang dd dah di bawah ne, come here” telp temen sore harinya. turun ke lobby bawah, sudah ada temenku tadi, seorang ‘korban’ laen beserta petugas dd. karena di lobby bisa bicara santai dan rame banyak orang lewat, tak sedikit temens yang nimbrung dan alhamdulillah berhasil menjadi ‘korban’ lain buat membayar zakat.

mungkin karena berhasil membawa banyak ‘korban’ orang dd langsung menawarin temenku menjadi duta zakat dd. sound so interesting.

jadi inget banyak industri yang menggaet seorang artis buat menjadi ambassador brand yang mereka miliki, kayak maria sarapova buat range rover. mbak maria ini dikasih sebuah range rover yang akan dipakai buat kegiatan sehari-harinya, dari mulai latihan, tanding maupun ke catwalk. tentunya ini akan menjadi iklan berjalan pada diri mbak maria, namun berbeda dengan iklan berjalan laen yang menempel pada bus, taksi atau kendaraan umum lainnya. iklan berjalan pada seorang icon tentunya akan lebih mudah menarik banyak korban, terutama dari kalangan penggemar icon tersebut. ini juga terjadi pada seorang temen yang dulu memakai hp siemens karena dia fans mc laren mercedez.

entah karena belum merasa icon di kantor atau gimana, temenku secara halus menolaknya. beban moral kalee,.. meski dah pak haji juga temenku ini, namun sewaktu bercanda sering membuat ku terkejut,.. eh bocor juga euy,..

tak menyerah, orang dd tadi mengeluarkan segempol kartu seperti voucher hp. “wah, jualan voucher hp juga ya mas? beli voucher plus bayar zakat gitu mas?” hampir serentak kami bertanya. orang dd cuman tersenyum. trus dijelasin, ada 4 voucher yang dia bawa, 1oooo, 2oooo, 5oooo serta 1ooooo yang di sebut voucher donasi. artinya bila kita beli voucher tersebut otamatis kita menyumbang sejumlah nominal voucher untuk kegiatan dd sesuai dengan yang tercantum di voucher tersebut.

voucher 1oooo untuk donasi pendidikan unggul bagi dhuafa, 2oooo untuk donasi layanan kesehatan cuma-cuma, donasi 5oooo untuk donasi ? serta 1ooooo untuk donasi ? dan temenku ditawarin untuk ‘menjualnya’.

“oo,.. gitu mas, kirain beli voucher pulsa trus dapat dipotong sedekah atau zakat” komentar ku setelah penjelasan tadi. “wah justru dd pengennya terbalik mas,.. klu beli voucher tersebut nanti dapat bonus pulsa gitu. entah berapa nominalnya sedang di nego. atau kalo bukan pulsa, voucher tadi bisa buat diskon di tempat-tempat tertentu, yang bekerja sama dengan dd. uhm,.. kami mangut-mangut ajah mendengar penjelasannya. “jadi intinya, voucher tadi sebagai pengganti nota gitu yah?” tanya ku. “bener sekali mas” jawabnya.

jadi inget lagi waktu kecil, sering diajak (alm) bapak buat bayar tagihan listrik, air ato telp. terkadang dari pihak pln, pdam ato telkom kasih stiker, yang sering jadi rebutan ma sodara J, yang sebenernya stiker itu adalah bukti bayar (nota) atas amal atau pajak yang telah kita bayar. uhm,.. mirip deh modusnya,..

satu yang sedikit mengganjal, tentunya bilamana ‘pengennya’ dd tadi terkabul. kalo biasanya kita beli sesuatu sambil beramal, itu wajar, sekali merengkuh dayung, satu dua pulau terlampaui. nah yang ini, kita beramal trus dapat ‘pahala’ secara langsung, sehingga ada kesan kurang ikhlas, jangan-jangan niat shadaqah nya karena ‘pahala’ nya, seperti pulsa atau diskon, yang menjadi tujuan utamanya,..

sewaktu membuka pintu kamar kos, terlintas di kepala, tadi aku beli voucher donasi karena voucher nya lutju (karena emang ‘lutju2′) atau bener niat shadaqah? astaghfirullahaladzim,..

bismillah, semoga dikembalikan ke niat yang seharusnya,.. amin,..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s