beli emas

rabu, 3o april 2oo8, o8.3o teng! cek harga emas di logammulia.com & pegadaian.co.id. wuih, harga emas 263.ooo idr/gr euy! sudah sejak februari 2oo8 diriku memantau harga emas melalui kedua website tersebut dan g pernah nangkring < 265.ooo idr/gr, batas maksimal yang aku patok buat membeli emas!

d pegadaian.co.id emang harganya lebih rendah 262.7o5 idr/gr. cuman sayangnya pegadaian tidak jual emas batangan, harga emas yang tercantum di web tersebut berdasarkan harga emas d pasaran internasional dengan perhitungan $ (pantesan harganya ganjil gitu) dan hanya digunakan sebagai patokan buat nilai gadai emasnya.

nah di logammulia.com inilah yang bisa dilakukan transaksi, maklum bapak perusahaannya adalah antam, perusahaan tambang milik negara. so d logammulia inilah satu-satunya kita bisa membeli emas batangan/logam mulia dengan sertifikat resmi yang d akui dunia (menurut brosurnya loh,..).

memasuki area logammulia, terasa banget klu ne toko emas yang bener-bener serius tidak seperti toko emas yang lain. ketika akan melewati gerbang pertama, kita akan dihadapkan beberapa petugas keamanan (bukan satpam loh!) yang segera menginterview, “ada urusan apa pak? mau ketemu siapa pak? sudah janjian pak?”

setelah menjelaskan maksud & tujuannya, barulah bisa melewati gerbang pertama dan kemudian d minta menuju k pos penjagaan untuk mengisi formulir tamu yang rupanya juga berfungsi sebagai tanda pengenal tamu. barulah kemudian d bukakan gerbang lapis kedua untuk bisa parkir vario ku.

memasuki gedung, bertemulah dengan sang cs-nya,.. “o,.. silahkan pesan ke counter sebelah sana mas, ntar abis itu membayar ke kasir sebelah sini dan kemudian tunggu sebentar, ntar masnya akan di panggil untuk menggambil pesanan d ruangan itu” jelasnya sambil menunjukkan arah tempat-tempat tersebut.

“dah pernah beli mas? mau beli berapa gram?” tanya petugas d counter pemesanan. ketika aku jawab belum, kemudian dia menjelaskan ukuran yang tersedia yaitu 1, 2, 2.5, 3, 5, 1o, 15, 2o, 25, 1oo, 25o, 5oo, 1ooo gr. dan semuanya tergantung stock euy! uhm,.. terpaksa ‘mecah’ neh, secara ukuran yang aku pengen beli g ada stock 😦 .

sesuai petunjuk, bon pemesanan aku bawa k kasir dan membayar sesuai harga. pembayaran ternyata bisa dilakukan dengan cara transfer atm ke rekening logammulia di bca ato mandiri. sayang atm yang tersedia d logammulia cuman atm bca duang euy,.. coba klu lebih lengkap,.. kan g perlu repot² bawa uang cash banyak 🙂 .

selagi menunggu panggilan untuk pengambilan barang, ketemulah dengan orang² dari kantor pusat ku yang ternyata sudah biasa membeli emas di logammulia. babibu; “beli berapa gram man?” tanyanya.

“2gr beli 2 buah, bla bla bla,..” jelasku.

“wah kenapa g skalian yg ukuran gedhe? kan lebih murah. klu beli gretongan, jatuhnya mahal loh,..”

“uhm,..mangsudnya,..”

“emang lo g tau? tadi g d kasih tau petugasnya?”

“g tuh,..”

“gini man, harga/gram itu belon termasuk bea pembuatan. tiap ukuran itu punya bea pembuatan masing², neh listnya sambil menunjukkan hasil jepretan kameranya. jadi klu lo beli geretongan gitu, jatuhnya pasti lebih mahal, krn bea pembuatannya tidak berbanding lurus ma ukurannya.”

“o,.. gitu yah? g tau se,.. ya sud lah,.. dah terlanjur euy,.. lagian skalian koleksi tiap ukurannya euy,..” diriku mencoba menghibur diri.

dah hampir sejama menunggu panggilan, keluarlah seorang muda yang berjalan tegopoh-gopoh dibelakang sang majikannya sambil menenteng tas besar dari ruang pengambilan barang. uhm,.. berapa duit tuh,.. sejenak terbayang scene film perampokan,.. smoga g ada orang berniat jelek disini euy,.. amin,..

memasuki ruang pengambilan barang serasa berada dunia ‘gelap’, lorong sempit dengan beberapa kursi dan petugas yang berada d dibelakang teralis besi berlapis kaca dengan cat yang kusam. sebuah lubang di kaca sebagai jalur komunikasi serta cekungan di meja, d bawah teralis, sebagai jalur penyerahan barang.

“2 buah batangan 2grm, bla bla bla,.. bener ya mas? silahkan d cek dulu” bilangnya sambil meletakkan bungkusannya di cekungan meja.

“mas, klu mo cek gramnya bisa kah?”

“oh, itu sudah ada sertifikatnya mas, berat ma kadarnya,. silahkan di cek.”

“o,.. ok makasih,..” diriku menyerahkan bon pemesanan trus mengecek batangan yang dibungkus rapi dengan plastik tebal beserta secarik kertas dengan digital printing yang berfungsi sebagai sertifikat rupanya.

keluar dari ruangan, “man, tadi lo dapat harga berapa?” cerca teman kantor ku.

“263.ooo” jawabku.

“wah beruntunglah dirimu, gue kenal 27o.ooo neh.”

“thanx god then” senyumku “emang katanya ada 2 kali buka harga, pagi jam 8an ma jam12, so jadi beli kah?”

“ jadi lah, dah mpe d sini gituh,..”

“oya, klu mo jual kembali, bea pembuatan tadi diperhitungkan kah?” tanyaku.

“wah g tau man, kayaknya she enggak. coba aja tanya ke mbaknya.”

setelah aku cek k mbaknya, jawaban yang aku dapat semakin menguatkan keraguan temenku tadi. uhm,.. itung d itung, emasku akan balik modal ketika harga belinya min 27o.ooo/gram. trus harga jualnya pasti >27o.ooo! wah,.. kapan dung!!??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s